Sabtu, 02 November 2013

HUBUNGAN ANTARA MASALAH PENDUDUK DENGAN PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN


Penduduk , masyarakat dan kebudayaan merupakan 3 aspek yang susah untuk di pisahkan karena memiliki hubungan yang sangat erat. Masalah pendudukan yang timbul di berbagai negara itu bermacam-macam , perbedaan masalah itu muncul karena setiap negara memiliki kekuranga dan kelebihan yang berbeda-beda. Contohnya seperti masalah yang terjadi di negara berkembang belum tentu di alami oleh negara yang sudah maju, begitu pun sebaliknya.

Kebudayaan adalah suatu kelompok orang yang memiliki cara hidup yang dari turun temurun diwarisi oleh generasi ke generasi dan biasanya budaya memiliki tradisi tersendiri. Budaya merupakan pola hidup yang bersifat komplek, abstrak, dan luas. Unsur kebudayaan sendiri terdiri dari mata pencaharian, ilmu pengetahuan atau teknologi, system kepercayaan, system organisasi, kesenian, dan peralatan dan perlengkapan hidup manusia. Budaya bisa terbentuk karena banyak unsur-unsur yang rumit termasuk system agama, politik, adat istiadat, bahasa, dll.

Penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam suatu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan saling berinteraksi satu sama lain secara terus menerus / kontinu. Dalamsosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.  Masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompok kelompok yang terbagi secara ekonomi. Masyarakat merupakan suatu kenyataan objektif pribadi pribadi yang merupakan anggotanya (Emile Durkheim), dan beberapa pendapat ahli sosiologi lainnya.

Referensi :
http://emilia-regar.blogspot.com/2012/01/pengaruh-pertumbuhan-penduduk-terhadap.html
http://restihanifa.blogspot.com/2011/10/hubungan-antara-masalah-penduduk-dengan.html
http://www.scribd.com/doc/91037202/Pengertian-Penduduk

0 komentar:

Posting Komentar