Jumat, 11 Oktober 2013

Masalah-Masalah yang Terjadi di Masyarakat dan Penanggulangannya

Masalah sosial yang sering terjadi akibat perbedaan-perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Biasanya masalah sosial dalam masyarakat di sekitar kita yaitu masalah sosial dan bencana alam.

Berikut adalah masalah-masalah yang sering terjadi dalam masyarakat :
1. Faktor Ekonomi   : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya     : Kenakalan remaja, tawuran, perceraian, dll.
3. Faktor Psikologis : Penyakit syaraf, aliran sesat, dll.
4. Faktor Biologis    : Keracunan makanan, penyakit menular, dll.

Cara menanggulanginya :
  1. Faktor Ekonomi : contohnya adalah dengan memberikan mereka pekerjaan atau dengen memberikan mereka pembelajaran-pembelajaran mengenai lapangan kerja sehingga mereka dapat berfikir dan kreatif untuk dapat membuat lapangan kerja sendiri. Sebagai mahasiswa seharusnya kita peduli terhadap mereka dengan cara memberikan pembelajaran-pembelajaran mengenai dunia kerja, supaya meraka dapat mempunyai keahlian yang khusus di bidang dunia kerja.
  2. Faktor Budaya : contoh salah satunya adalah kurangnya pengawasan orang tua terhadap anaknya, seharusnya orang tua itu memberikan pengawasan yang khusus terhadap anaknya, dan memberikan pelajaran-pelajaran agama supaya anak tersebut memiliki iman dan tidak terpengaruh oleh pergaulan-pergaulan bebas. Sebagai mahasiswa kita akan mengadakan sosialisasi terhadap anak-anak remaja khususnya anak SMP dan SMA untuk memberikan materi tentang bahayanya seks bebas dan narkoba, supaya mereka menyadari dampak negatif dari seks bebas dan narkoba tersebut.
  3. Faktor Psikologi : Indonesia adalah negara yang beragam, jadi kita tidak heran bahwa banyak orang-orang yang memiliki niat untuk  menyebarkan aliran sesat khususnya di agama, seperti ada yang mengaku jadi tuhan, nabi, dll. Sebagai mahasiswa kita seharusnya menasehati atau meluruskan mereka yang terjerumus oleh aliran sesat dengan cara baik-baik dan tidak dengan paksaan atau marah-marah, seandainya kita gagal membujuk mereka, kita sudah berusaha meluruskan mereka.
  4. Faktor Biologis : contohnya adalah seperti keracunan makanan, banyak makan atau jajaran yang steril atau pedagang-pedagang tersebut tidak memperhatikan kebersihan dagangan mereka dan banyak juga makanan di mall-mall atau di supermarket yang sudah kadaluarsa sehingga banyak orang yang mengonsumpi makanan tersebut jadi keracunan, seperti sakit perut, mual, muntah-muntah, dll. Sebagai mahasiswa seandainya kita menemukan makanan yang sudah kadaluarsa kita dalat melaporkan ke badan penelitian makanan, supaya orang yang mengonsumsi makanan tersebut tidak keracunan.
              

0 komentar:

Posting Komentar