Selasa, 11 Oktober 2016

DEFINISI BISNIS (UMUM), TIK DAN BISNIS INFORMATIKA

DEFINISI BISNIS (umum)
            Bisnis ialah suatu organisasi yang menjual  jasa atau barang kepada pembeli atau konsumen ataupun bisnis lainnya, untuk memperoleh laba. Ada tiga hal penting dalam bisnis yaitu : menghasilkan barang dan jasa, mencari profit, dan memaksimalkan kebutuhan konsumen.
            Kata bisnis berasal dari bahasa inggris yaitu business, dari kata dasar busy yang artinya sibuk atau mengerjakan aktifitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi biasanya bisnis kebanyakan dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan dan meningkatkan penghasilan atau kemakmuran kepada pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis akan mendapatkan sebuah imbalan sesuai dengan waktu kerja dan usahanya. Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk dapat melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Binis meniliki karakteristik yaitu:
1.      Lembaga atau institusi atau organisasi social dan ekonomi
2.      Berhubungan dengan berbagai barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan manusia
3.      Mencari laba, profit atau keuntungan.
4.      Menentukan harga yang sesuai
5.      Akan ada kemungkinan mengalami kerugian.

DEFINISI TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
            Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani, technologia, techne yang berarti ‘keahlian’ dan logia yang berarti ‘pengetahuan’. Dalam pengertian yang sempit, teknologi mengacu pada objek benda yang dipergunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, seperti mesin, perkakas, atau perangkat keras. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagiandari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua yang teknologi berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.
            Teknologi informasi juga adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis,dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

DEFINISI BISNIS INFORMATIKA
            Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi  disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet. Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir-akhir ini. Intenet sudah mengalami pergeseran di dalam kebutuhan masyarakat. Dahulunya, internet merupakan kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang mewah bagi sebagian masyarakat. Di zaman ini, kebutuhan internet sudahlah menjadi kebutuhan sekunder bahkan primer. Hal ini dikarenakan perkembangan pola pikir dan hidup masyarakat ditambah maraknya teknologi muktahir yang memungkinkan pencapaian informasi yang mudah didapat dan cepat. Akses internet pun kian mudah didapatkan. Hal ini mendorong para pebisnis untuk memanfaatkannya dengan beragam cara untuk memajukan usahanya.
            Sejalan dengan cepatnya perkembangan bidang teknologi, perusahaan-perusahaan makin dipacu untuk menggunakan teknologi yang maju sebagai senjata untuk tetap survive dan memenangkan persaingan yang kian hari terasa ketat dan keras. Akhir-akhir ini penggunaan internet yang menjurus kepada cyberspace kelihatannya akan mendominasi seluruh kegiatan di atas permukaan bumi di masa kini dan masa datang dan secara umum akan berubah menjadi alat untuk persaingan antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya. Ini pun akan membawa dampak yang sangat besar bagi setiap perusahaan. Dampak pada aspek persaingan adalah terbentuknya tingkat kompetisi yang semakin tajam. Globalisasi ekonomi juga membuat perubahan menjadi konstan, pesat, radikal, serentak, dan pervasif. Sehingga perusahaan harus memiliki kemampuan yang cepat untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi sehingga perusahaan akan mampu bersaing dengan para kompetitornya.

SALAH SATU CONTOH JENIS BISNIS INFORMATIKA
E-COMMERCE (BUKALAPAK)
            Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia. Seperti halnya situs layanan jual-beli menyediakan sarana jual-beli dari konsumen ke konsumen. Siapa pun dapat membuka toko online di Bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak. Bukalapak sendiri adalah salah satu jual beli online yang dapat dikataka terpercaya karena jika si pelapak tidak mengirimkan barang pesanannya maka uang akan di kembalikan 100%.
A.    Pengguna
            Pengguna yang akan membeli barang dibukalapak harus daftar akun dan harus mengisi data secara lengkap seperti nama, alamat, no.Hp, dan sebagainya untuk kepentingan transaksi
B.     Jual Barang
Berikut merupakan aturan si penjual barang yang harus dilakukan antara lain :
·         Penjual barang atau pelapak harus menempatkan barang dagangannya sesuai degan kategorinya supaya pembeli dapa dengan mudah menemukan barang yang dicarinya.
·         Pelapak harus mengisi nama atau judul barang dagangannya dengan singkat padat dan jelas.
·         Pelapak juga wajib menampilkan barang dagangannya sesuai dengan barang dagangannya, tidak menampilkan barang yang didapat di internet (bukan foto asli)
·         Pelapak wajib mengisi harga barang dengan sebenarnya.
·         Pelapak harus memberikan keterangan bahwa barang tersebut baru atau bekas, dan menjelaskan kondisi barang dagangannya.

C.    Metode Traksaksi
·         Pembeli memesan barang dan melakukan transaksi sesuai dengan nominalnya sampe digit terakhir karena 3 digit dari belakang merupakan kode barang pemesanan.
·         Pembeli tidak bisa membatalkan transaksi setelah melunasi pembayaran
·         Pelapak wajib mengirimkan barang dalam batas waktu 2x24 jam, jika tidak system akan otomatis penolak pemesanan dan uang pembeli akan di kembalikan. Pengembalian dana transaksi dengan menambahkan saldo pembeli ke bukadompet.
·         System bukalapak secara otomatis akan melakukan pengecekan status pengiriman barang melalui no resi yang diberikan pelapak. Jika no resi tidak valid maka dana akan dikembalikan secara utuh kepada pembeli.



KOMENTAR
Kelebihan
Melakukan jual beli dibukalapak karena ada jaminan uang kembali pada saat barang tidak dikirimkan. Dan kita bisa tahan dana sebelum barang sampai dan sesuai dengan pemesanan. Si pelapak akan mendapatkan dana jika kita mengkonfirmasi barang di terima

Kekurangan
·         Pembeli tidak tau kondisi barang seperti apa karena hanya bisa liat lewat gambar.
·         Barang tidak sesuai dengan apa yang kita mau, maksudnya adalah barang dapat berjalan sebagaimana semestinya hanya saja kualitas barang tersebut yang bisa di katakana buruk, dan kita tidak bisa mengembalikan barang tersebut karena sudah kebijakan dari bukalapak sendiri bahwa barang yang sudah di terima dan berjalan sebagaimana semestinya tidak dapat ditukar.




Referensi :



0 komentar:

Posting Komentar