Selasa, 11 Oktober 2016

ARTIKEL PENULISAN ILMIAH

Nama  : Mochamad Wildan Willy
Kelas  : 4IA12
NPM   : 55413551

ARTIKEL PRIBADI TENTANG PENULISAN ILMIAH
          Pada semester 6 ini ada SKS untuk pembuatan penulisan ilmiah (PI), saya berencana akan membuat aplikasi administrator Fitness Center yang berbasis web dengan menggunakan software Notepad++ merupakan aplikasi untuk menuliskan kode atau script web, XAMPP merupakan untuk website dan database MySQL, Mozila Firefox atau Google Crome untuk membuka aplikasi admin berbasis web, dan bootstrap untuk mendesain tampilan web sesuai dengan yang diinginkan. Pada penulisan ilmiah (PI) ini saya membuat aplikasi web dengan judul “Aplikasi Administrator Fitness Center Berbasis Web”.
          Pada awalnya, mempunyai ide untuk membuat aplikasi administrator berbasis web ini karena berawal dari hobi saya yang kebetulan suka dengan seni pahat tubuh atau suka dengan badan atletis. Karena suka dengan olahraga angkat beban, maupun kardio akhirnya sayapun mengunjungi tempat fitness yang paling dekat. Pada saat memasuki tempat fitness biasanya saya di cek dengan menggunakan kartu member apakah masih berlaku member tersebut atau tidak. Saya juga sempat melihat bagaimana admin di tempat fitness tersebut mengegolah data para member fitness dengan cara manual, dan pada saat mengunjungi tempat fitness di daerah perkotaan system administrator sudah menggunakan aplikasi, disitulah ada pemikiran untuk membuat aplikasi admin tetapi berbasis web.
          Disimping itu juga saya untuk membantu paman yang memiliki usaha tempat fitness yang pendataan para member masih secara manual (menggunakan catatan buku). Melihat disitu ada komputer PC yang Cuma berfungsi sebagai alat pemutar music sangat disayangkan sekali kalau sarana komputer hanya buat pemutar music saja dan disitulah baru ada ide untuk membuat suatu aplikasi admin untuk pengecekan member, data member sekaligus buat mendata pembayaran para member.
          Tujuan dari pembuatan aplikasi web ini adalah untuk merancang sebuah aplikasi yang dapat membatu dan memudahkan pengelola tempat fitness supaya lebih efisien dalam mengatur, mengecek dan mengelola para member. Memudahkan dalam proses pembayaran dan validasi member fitness. Dengan aplikasi admin fitness center ini dapat dengan mudah untuk proses cek in out (pengecekan member saat masuk apakah masih berlaku atau tidak).
          Aplikasi ini juga bisa dikatakan dapat digunakan oleh siapa aja bagi penyelenggara tempat fitness, karena aplikasi ini sangat ringan hanya perlu menginstall software-software yaitu XAMPP sebagai web dan database, dan Mozilla Firefox atau Google Crome sebagai media untuk membuka aplikasi admin tersebut. Disamping itu aplikasi ini bisa dapat dijalankan dengan offline maupun online, jika offline bisa dijalankan dengan membuka XAMPP lalu pilih atau ceklis MySQL dan Appache, namun jika bisa dijalankan dengan online apikasi web tersebut harus di hosting terlebih dahulu dan bisa dibuka dimana saja dengan melalui browser tanpa harus membuka XAMPP.
          Aplikasi web ini jika sudah selesai akan di pergunakan untuk tempat fitness yang ada di daerah Cirebon untuk mengoptimalkan kinerja admin dalam mengelola data dan sebagai pengecekan apakah pengunjung masih mempunyai member atau tidak.

          

0 komentar:

Posting Komentar