DEFINISI WEB SCIENCE
Web
Science merupakan sebuah ilmu desentralisasi sistem informasi. Web Science
membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus pada pengembangan terhadap
kebutuhan komunikasi dan representasi. Dalam definisi di jelasakan bahwa
web science dapat menyediakan berbagai ilmu pengetahuan, tentunya dalam ilmu
pengetahuan terdapat berbagai macam kegunaan diantaranya adalah sebagai berikut
:
1. Dapat mencari artikel yang
berdampak tinggi dan prosiding konferensi.
2. Dapat menemukan hasil yang
relevan dalam bidang-bidang terkait.
3. Dapat mengidentifikasi potensi
kolaborator dengan catatan rujukan signifikan.
4. Dapat mengintegrasikan, mencari,
menulis, dan bibliografi penciptaan menjadi satu proses yang efisien.
Web
Science dan Metodologi Web Science
Web
Science itu terdiri atas dua kata yaitu web dan science yang maksudnya adalah Web
yang berarti jaringan atau suatu sistem di internet yang memungkinkan siapapun
agar bisa menyediakan atau menampilkan informasi data teks, data gambar diam
atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik
yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang
saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan
hala
man (hyperlink). Dengan menggunakan teknologi tersebut, informasi dapat diakses selama 24 jam dalam satu hari dan dikelola oleh mesin. Sedangkan Science berarti ilmu pengetahuan atau kumpulan pengetahuan yang benar, mempunyai obyek dan tujuan, disusun secara sistematik, berkembang dengan metode ilmiah,dan berlaku universal dan dapat diuji kebenarannya (diverifikasi).
man (hyperlink). Dengan menggunakan teknologi tersebut, informasi dapat diakses selama 24 jam dalam satu hari dan dikelola oleh mesin. Sedangkan Science berarti ilmu pengetahuan atau kumpulan pengetahuan yang benar, mempunyai obyek dan tujuan, disusun secara sistematik, berkembang dengan metode ilmiah,dan berlaku universal dan dapat diuji kebenarannya (diverifikasi).
Metodologi
Web Science
Web
Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah
ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan
metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web
untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa
yang dapat dilakukan. Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan
pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web
dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan
riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan
perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang
mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi
probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan
yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
ARSITEKTUR WEB
Web
arsitektur adalah suatu metode perencanaan dan dalam merancang situs web yang
melibatkan teknis, estetika, dan fungsionalitas. Misalnya dalam arsitektur,
pengguna dan kebutuhannya serta persyaratan merupakan prioritas utama untuk
menciptakan sebuah situs web. Web Arsitektur mempunyai criteria yang kompleks
oleh karena itu memerlukan pertimbangan khusus dalam content web, koordinasi,
dan rencana bisnis, web desain, kegunaan fungsionalitas, struktur informasi
serta interaktivitas estetika. Selain itu, web arsitektur mempunyai potensi yag
digunakan sebagai disiplin intelektual untuk mengatur konten web. Sedangkan
untuk pengembangan tahap perencanaan, manajemen, konten web, dan desain datang
dalam berbagai metode desain web seperti desain tradisional, aspek konsistensi,
keteguhan dan kesenangan. Oleh karena itu, dalam setiap konten yang akan
dipublikasikan tersebut dapat memandu arsitektur situs web, seperti yang
diterapkan secara fisik dalam web arsitektur dan prinsip – prinsip desain
lainnya. Dalam menyelidiki estetika dan teori kritis serta kecenderungan ini,
web arsitektur dapat mempercepat dengan cara pengenalan web semantic dan web
2.0. Kedua ide ini menekankan aspek visual dan structural dari dalam suatu
situs web.
Di dalam web arsitektur terdapat
istilah Strukturalisme. Strukturalisme merupakan bagian penting dalam
arsitektur web yaitu pendekatan metodologis yang mempengaruhi disiplin teoritis
seperti estetika, teori kritis dan postmodernisme yang mempunyai disiplin
seperti yang disebutkan pada kemudi dari setiap pembuatan situs web kemudian
melibatkan user generated content, dan memberikan bimbingan kepada arsitek web
untuk penataan yang tepat dari setiap informasi untuk digunakan sebagai
kenyamanan dan kepuasan browser tersebut.
Sejarah
Web Science
Sejarah
Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan
nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan
suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989,
Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem
distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang
tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan
informasi tersebut dalam bentuk grafik. Pada tahun 1989 Berners-Lee
merumuskan suatu proposal tentang sebuah system hypertext.
Web
Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu
link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan
suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut
dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum
banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah
menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic
dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications).
Di
bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser
untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan.
Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai
lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi
Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Pada tahun 1994, Marc Andreesen
meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari
Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini
menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini
Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari
Microsoft.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada awal perkembangannya, sewaktu
browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir
tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan
diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta
pemakai diseluruh dunia.
Teknologi
web pun terus berkembang dan mulai dirasakan oleh hampir setiap orang dari
berbagai bidang. Teknologi internet dan web pun sekarang sudah menjadi bagian
hidup hampir setiap orang. Ia mempengaruhi bagaimana cara seseorang hidup,
belajar, bekerja, bermain dan bersosialisasi.
MEMEX
Memory Extender merupakan sebuah mesin mekanis yang berfungsi sebagai piranti penyimpanan dan pengambilan informasi. Memex memanfaatkan teknologi microfilm sebagai media penyimpanan. Secara fisik Memex dideskripsikan terdiri atas sebuah meja yang dilengkapi dengan layar, keyboard, tombol dan pengungkit (lever) serta tempat penyimpanan microfilm. Informasi yang tersimpan dalam microfilm dapat diakses dengan cepat dan ditampilkan melalui layar yang disediakan. Sebagaimana otak manusia membentuk memori melalui asosiasi neuron, pengguna dapat menghubungkan dokumen-dokumen yang tersimpan pada Memex.
Memory Extender merupakan sebuah mesin mekanis yang berfungsi sebagai piranti penyimpanan dan pengambilan informasi. Memex memanfaatkan teknologi microfilm sebagai media penyimpanan. Secara fisik Memex dideskripsikan terdiri atas sebuah meja yang dilengkapi dengan layar, keyboard, tombol dan pengungkit (lever) serta tempat penyimpanan microfilm. Informasi yang tersimpan dalam microfilm dapat diakses dengan cepat dan ditampilkan melalui layar yang disediakan. Sebagaimana otak manusia membentuk memori melalui asosiasi neuron, pengguna dapat menghubungkan dokumen-dokumen yang tersimpan pada Memex.
Hypertext
Hypertext, dalam ilmu komputer, sebuah koleksi dokumen yang berisi referensi silang yang disebut hyperlink, yang memungkinkan pengguna untuk melompat dengan mudah dari satu dokumen ke yang lain. Hypertext digunakan secara luas pada Internets, intranet, dan internet, serta di banyak CD-ROM aplikasi multimedia. Dokumen Hypertext didasarkan pada dan dibuat dalam bahasa-bahasa pemrograman markup yang dirancang khusus untuk memberi struktur dokumen pada jaringan. Bahasa markup yang paling umum adalah Standard Generalized Markup Language (SGML).dokumen Hypertext di Internet diciptakan dalam jenis yang lebih khusus bahasa markup yang disebut Hypertext Markup Language (HTML). Dalam HTML, tag yang tertanam dalam teks untuk menentukan bagaimana pandangan pengguna dokumen dalam browser. Tag mengintegrasikan hyperlink ke hypertext dan memungkinkan link ke dokumen lain, e-mail ke pengguna Internet lain, grafis, audio, dan video.
Hypertext, dalam ilmu komputer, sebuah koleksi dokumen yang berisi referensi silang yang disebut hyperlink, yang memungkinkan pengguna untuk melompat dengan mudah dari satu dokumen ke yang lain. Hypertext digunakan secara luas pada Internets, intranet, dan internet, serta di banyak CD-ROM aplikasi multimedia. Dokumen Hypertext didasarkan pada dan dibuat dalam bahasa-bahasa pemrograman markup yang dirancang khusus untuk memberi struktur dokumen pada jaringan. Bahasa markup yang paling umum adalah Standard Generalized Markup Language (SGML).dokumen Hypertext di Internet diciptakan dalam jenis yang lebih khusus bahasa markup yang disebut Hypertext Markup Language (HTML). Dalam HTML, tag yang tertanam dalam teks untuk menentukan bagaimana pandangan pengguna dokumen dalam browser. Tag mengintegrasikan hyperlink ke hypertext dan memungkinkan link ke dokumen lain, e-mail ke pengguna Internet lain, grafis, audio, dan video.
INTERNET
Internet sudah dikelal luas oleh seluruh kalangan di berbagai Negara. Bagaimana tidak? Hampir setiap aktifitas selalu membutuhkan yang namanya internet. Baik untuk keperluan kerja ataupun untuk sekedar mencari hiburan dengan menonton youtube atau bermain game secara online. Pengertian internet sendiri adalah sekumpulan jaringan atau rangkaian komputer yang jangkauannya mencakup seluruh dunia. Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U. S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.
Internet sudah dikelal luas oleh seluruh kalangan di berbagai Negara. Bagaimana tidak? Hampir setiap aktifitas selalu membutuhkan yang namanya internet. Baik untuk keperluan kerja ataupun untuk sekedar mencari hiburan dengan menonton youtube atau bermain game secara online. Pengertian internet sendiri adalah sekumpulan jaringan atau rangkaian komputer yang jangkauannya mencakup seluruh dunia. Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U. S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.
Usenet
Usenet
adalah sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini
dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama. Pengguna
membaca dan mengirim pesan umum (disebut artikel atau posting, dan secara kolektif
disebut berita) ke satu kategori atau lebih yang disebut newsgroup. Usenet
menyerupai Bulletin Board System (BBS) dalam banyak hal, dan merupakan awal
dari berbagai forum Internet yang banyak digunakan saat ini, secara kasar dapat
dianggap sebagai hibrida antara surat elektronik dan forum web.
FTP (File Transfer Protocol)
Protokol
pengiriman berkas (Bahasa inggris: File Transfer Protocol) atau FTP adalah
sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan
standar untuk pengiriman berkas(file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah
Antarjaringan. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal
dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan
(download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan
server FTP. FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk
komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen
tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data dimulai.
Gopher
Gopher
adalah, Program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu
Internet pada berbagai server gopher.Pengertian Gopher dari sumber lain adalah
adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi,
pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Situs Gopher adalah
komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang
tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini merupakan daftar isi untuk mengolah
dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Gopher menyediakan akses ke dokumen
teks, Grafik dan suara digital hanya dapat dimasukkan dalam kumpulan sebuah
dokumen, yang harus didownload ke komputer lokal, dan baru kemudian dapat
dilihat dengan program lain. Gopher juga memungkinkan akses ke beberapa
fasilitas lain yang ada diinternet seperti Telnet untuk melakukan hubungan
komunikasi jarak jauh. Manfaat Aplikasi Gopher ini adalah user tidak perlu
mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang akan di akses. Gopher sendiri
merupakan sistem yang memungkinkan para pengguna internet dapat mengakses
berbagai situs. Selain itu Gopher yang merupakan sistem dengan otomatisasi
dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan hirarki.
Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Berbagai Website seperti situs berita “cnn.com” atau situs belanja “Bhinneka.com” dapat dikategorikan ke dalam jenis ini.
Merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Berbagai Website seperti situs berita “cnn.com” atau situs belanja “Bhinneka.com” dapat dikategorikan ke dalam jenis ini.
WEB 2.0
Web
2.0 adalah sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O’Reilly Media pada
tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004,
merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis
web seperti situs jaringan sosial, wiki, perangkat komunikasi, dan folksonomi
yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar pengguna.
Web 3.0 / Semantic Web
Walaupun
masih dalam perdebatan di kalangan analis dan peneliti, istilah Web 3.0 tetap
berpotensi menjadi generasi teknologi di dunia Internet. Saat ini, definisi
untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile
sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand. Namun,
menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara
baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan
dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada
dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki
isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang
dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti,
diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents).
Refferensi
http://www.kamusilmiah.com/it/sejarah-world-wide-web/
http://mersannurhakim.blogspot.com/2013/03/sejarah-web.html
http://www.unpas.ac.id/tag/web-arsitektur/
http://hilmandroid.blogspot.com/2014/04/arsitektur-web-dan-aplikasi-utama.html
http://mersannurhakim.blogspot.com/2013/03/sejarah-web.html
http://www.unpas.ac.id/tag/web-arsitektur/
http://hilmandroid.blogspot.com/2014/04/arsitektur-web-dan-aplikasi-utama.html
0 komentar:
Posting Komentar