Selasa, 15 November 2016

ARTIKEL PENGALAMAN PRIBADI TENTANG MENGHARGAI ORANG LAIN

NAMA          : MOCHAMAD WILDAN WILLY
KELAS         : 4IA12
NPM            : 55413551

ARTIKEL PENGALAMAN PRIBADI TENTANG MENGHARGAI ORANG LAIN
          Pada kesempatan kali ini saya akan mengemukakan pendapat atau pengalaman pribadi saya mengenai menghargai orang lain ( toleransi ) entah itu berupa pendapat, karya, sikap dan sebagainya. Kita sebagai manusia jika kita ingin dihargai oleh orang lain maka kita juga harus menghargai orang lain terebih dahulu Karena jika kita tidak menghargai orang lain maka orang tersebut enggan untuk menghargai kita. Rasa saling menghargai terhadap orang lain adalah nilai moral dasar manusia, penting bagi kita untuk saling menghargai untuk  membuktikan idenditas sebagai manusia makhluk yang baik yang memiliki akhlak dan pikiran beda dengan makhluk lainnya yang ada dibumi (hewan).
          Banyak pengalaman yang saya dapatkan dalam dihargai seseorang salah satunya adalah pengalaman saling menghargai dalam segi agama. Pada saat itu saya mempunyai pengalaman tentang seorang teman yang sangat menghargai dalam segi agama, saya dan dia beda agama tetapi yang saya salutkan adalah dia telah mengingatkan sholat pada saat dalam perjalanan, meskipun berbeda dia hindu dan saya islam.
          Ada juga pengalaman yang tidak dihargai oleh orang lain, diantaranya adalah pada saat membantu mengerjakan tugas teman. Pada saat itu saya sudah berusaha membantu menyelesaikan atau membantu tugasnya akan tetapi pada saat sudah selesai dan sudah saya berikan kepada teman saya, ada beberapa kesalahan dan saya mendapatkan teguran dan marah kepada saya, entah apa yang bikin dia jadi marah, saya menggapnya mungkin dia sedang ada banyak masalah, dan mungkin juga karena sudah beberapa kali saya revisi kesalahanya tetepi masih banyak kesalahan pengetikan dan membuat dia marah, saya menganggapnya biasa aja, karena saya berpikiran mungkin karena dikejar deadline dan banyak masalah.
          Pengalaman menghargai orang lain? Mungkin banyak pengalaman tersebut yang saya dapatkan, yang paling penting adalah menghargai orang tua karena tanpa meraka kita tidak ada, ibu yang sudah mengandung selama 9 bulan dan bahkan lebih, yang selalu merawat kita dengan penuh kasih sayang dari balita hingga dewasa, yang selalu mensupport dan membiayai semua kebutuhkan kita maka dari itu kita harus berbakti dan menghargai jeri payah kedua orang tua yang sudah banting tulang untuk membiayai semua kebutuhan kita karena bagi orang tua, anak itu nomor satu bagi mereka.
          Mungkin masih banyak lagi pengalaman tenang dihargai dan tidak dihargai orang lain dan banyak yang bertanya-tanya, kenapa kita harus saling menghargai orang lain? karena kita tidak bisa hidup sendiri, manusia hidup bermasyarakat, kita hidup degan berinteraksi dengan orang lain. Kita juga bisa ngaji rasa, karena kita tau bagaimana rasanya tidak dihargain oleh orang lain, oleh sebab itu kita harus terlebih dahulu menghargai orang lain pasti orang lainpun bakal menghargai kita juga.

          

0 komentar:

Posting Komentar