Selasa, 03 Januari 2017

Regulasi dan Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa

NAMA           : MOCHAMAD WILDAN WILLY
NPM             : 55413551
KELAS          : 4IA12
Regulasi dan Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa
          Tahap pencarian informasi pada peluang pekerjaan yang kita inginkan sangatlah penting. Banyak informasi yang bisa kita dapatkan mulai dari media cetak sampai ke media elektronik. Semakin banyak informasi yang didapatkan maka semakin memudahkan kita untuk memperoleh peluang bebisnis.
          Teknologi saat ini semakin berkembang dan sumber daya informasi tentunya semakin banyak, sebagian contohnya adalah koran, majalah, radio dan pada saat ini semua informasi sudah tertuang dalam internet.
Rencana bisnis : Penjualan pakaian media online (e-commerce)
          Pada saat ini saya tertarik dengan bisnis e-commerce yang nantinya akan dinamai “areca” yang merupakan sebuah toko online yang menyediakan berbagai pakaian kebutuhan fasion. Berbagai jenis produk mulai dari celana, kemeja, Tshirt, switter, dll.
          Media yang akan digunakan adalah web dan social media seperti Instagram yang nantinya barang tersebut akan di foto sesuai dengan gambar aslinya dan di post kedalam website dan social media supaya si pembeli bisa melihat barang yang kita jual. Media pembayaran tentunya menggunakan transaksi dana, jika si pembeli sudah transfer dana kedalam rek kita yang sudah dicantumkan maka barang yang dipesan segera dikirim melalui jasa pengiriman barang JNE, TIKI, atau POS.
Sumber informasi tentang penawaran atau peluang TIK
Dunia teknologi merupakan sebuah dunia yang luas untuk memulai sebuah bisnis, karena dunia teknologi itu tidak akan pernah mati. Semakin maju era ini semakin berpesat juga bagian pembisnisannya. Perkembangan teknologi dibidang Informatika saat ini berkembang sangat pesat. Tidak sedikit orang yang memanfaatkannya untuk membuka sebuah peluang usaha mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, militer, sosial, bahkan yang paling mendominasi adalah bidang dunia bisnis.
          Saat ini banyak sumber yang bisa dilihat untuk memperoleh sebuah informasi dari media cetak sampai media elektronik. Saat ini dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bisa dimanfaatkan media tersebut untuk kebutuhan penjualan barang.
          Saya akan membuat sebuah rencana bisnis dengan membuka penjualan baju online yang nantinya ada saya berinama “areca”. Penjualan ini akan membutuhkan sarana web dan social media lainya seperti Instagram sebagai tempat penjualan skaligus transaksi pembeli.
          Alat yang dibutuhkan yaitu semua smartphone dan laptop sebagai media administrator untuk memantau orderan lewat website maupun social media. Selanjutnya membutuhkan modal sekitar 5 juta untuk stock barang yang nantinya akan di foto dan di post kedalam website dan social media sebagai contoh model barang yang di jual.
Kerangka Acuan Kerja (KAK)
Latar Belakang Bisnis : Karena semakin berkembangnya teknologi dan adanya kebutuhan akan barang dan jasa dalam segi TIK
Kegiatan yang dilaksanakan : Penyediaan barang dan jasa
Manfaat : Dengan adanya toko online areca ini memudahkan si pembeli dalam mencari model pakaian yang diinginkan serta praktis dan instan.
Komentar :
          Melakukan atau mencoba wirausaha harus membutuhkan usaha keras, karena merintis usaha dari nol tidaklah mudah. Tidak bisa melakukan bisnis yang langsung besar karena akan membutuhkan modal yang sangat besar dan rencana yang sangat matang jika tidak mau gagal.
          Melakukan bisnis dengan modal yang terbatas tentunya bisa dilakukan dengan usaha kecil-kecilan yang nantinya keuntungan dari usaha tersebut akan di tabung untuk usaha yang lebih besar. Dengan ketekunan usaha dan doa segalanya pasti bisa.



0 komentar:

Posting Komentar